Menganalisis Asesmen di Ruang Kelas Di SMK Negeri 9 Malang
Asesmen yang ada di SMK Negeri 9 Malang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik pada mata pelajaran pemrograman web, terutama pada tahapan awal pembelajaran. Asesmen tersebut terdiri dari beberapa bagian, yaitu pertanyaan terbuka tentang konsep dasar pemrograman web, tugas membuat kode HTML dan CSS, tugas membuat halaman web sederhana.
Asesmen tersebut menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik. Saran untuk meningkatkan kesesuaian asesmen tersebut dengan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik adalah menambahkan pertanyaan tentang konsep dasar pemrograman web yang relevan dengan budaya dan minat peserta didik, menambahkan tugas membuat kode HTML dan CSS yang relevan dengan budaya dan minat peserta didik, menambahkan tugas membuat halaman web sederhana yangrelevan dengan budaya dan minat peserta didik. Dengan mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik, asesmen akan menjadi lebih bermakna dan dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang perkembangan peserta didik.
Secara umum, asesmen tersebut dapat dikatakan sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik dan perlunya membagian dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka adalah bagian akhir dari asesmen, yaitu bagian refleksi. Pada bagian tersebut, peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang apa yang mereka pelajari, apa yang mereka sukai dan tidak sukai, dan apa yang ingin mereka ubah dari proses pembelajaran mereka.mpertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik. Namun, asesmen tersebut dapat ditingkatkan kesesuaiannya dengan kemampuan peserta didik dengan menambahkan pertanyaan dan tugas yang lebih sederhana dan mudah dipahami.
Jika saya menjadi guru di kelas tersebut, hal-hal yang ingin saya tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan. Peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik adalah sebagai berikut: Pertama, saya akan meningkatkan kesesuaian asesmen dengan tahapan perkembangan peserta didik. Asesmen yang sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik akan lebih bermakna dan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang perkembangan peserta didik. Kedua, saya akan meningkatkan kesesuaian asesmen dengan lingkungan budaya dan karakter peserta didik. Asesmen yang sesuai dengan lingkungan budaya dan karakter peserta didik akan lebih relevan dan dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang perkembangan peserta didik. Ketiga, saya akan meningkatkan kesesuaian asesmen dengan kemampuan peserta didik. Asesmen yang sesuai dengan kemampuan peserta didik akan lebih adil dan dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemampuan peserta didik. Dengan meningkatkan kesesuaian asesmen dengan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik, saya berharap asesmen yang saya lakukan dapat lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik. Asesmen dapat menjadi sarana untuk memantau perkembangan peserta didik, memberikan umpan balik, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Komentar
Posting Komentar